Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika.
Ditulis pada 6 March 2012 sumber www.masbied.com
Latar Belakang Skripsi Matematika ini menjadi masalah pokok yang dibahas di awal pembuatan skripsi. Ada baiknya pembuatannya singkat, padat dan jelas.
Peningkatan mutu pendidikan merupakan
prioritas utama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga
diperlukan manusia yang utuh, yaitu manusia yang tidak hanya memiliki
pengetahuan dan keterampilan akan tetapi mempunyai kemampuan untuk
berpikir rasional kritis dan kreatif. Sikap kritis dan cara ingin maju
merupakan sifat ilmiah yang dimiliki oleh manusia. Sifat ini menjadi
motivator bagi seseorang untuk terus menambah pengetahuan. Jadi untuk
dapat membentuk manusia yang berhasil maka diperlukan penguasaan
matematika.
Matematika sebagai salah satu mata
pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan formal memegang
peranan penting, karena matematika merupakan sarana berpikir ilmiah yang
sangat mendukung untuk mengkaji IPTEK. Realisasi pentingnya pelajaran
matematika diajarkan pada peserta didik, tercermin pada ditempatkannya
matematika sebagai salah satu ilmu dasar untuk semua jenis dan jenjang
pendidikan.
Mengingat pentingnya peranan matematika
maka prestasi belajar matematika setiap sekolah perlu mendapatkan
perhatian yang serius. Olehnya itu, para siswa dituntut untuk menguasai
pelajaran matematika, karena disamping sebagai ilmu dasar juga sebagai
sarana berpikir ilmiah yang sangat berpengaruh untuk menunjang
keberhasilan belajar siswa dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.
Oleh karena itu, diupayakan penguasaan materi kepada peserta didik yang
dianggap masih rendah. Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika
Dalam pembelajaran matematika banyak
guru yang mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal
matematika. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam
mengerjakan soal dan rendahya prestasi belajar siswa (nilai) baik dalam
ulangan harian, ulangan semester, maupun UN. Padahal dalam pelaksanaan
proses pembelajaran di kelas biasanya guru memberikan tugas secara
kontinyu berupa latihan soal. Tetapi ternyata latihan tidak sepenuhnya
dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah matematika.
Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka
banyak strategi, model, pendekatan dan metode pengajaran yang dapat
diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun dalam penerapannya, perlu
disadari bahwa tidak setiap metode dan pendekatan sesuai dengan materi
yang diajarkan. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Sullivan
(Upu, 2003:7) yang menyatakan bahwa pembelajaran matematika di kelas
pada umumnya hanya terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa menjadi
malas dan kurang bergairah dalam menerima pelajaran. Ini menunjukkan
bahwa salah satu penyebab kurang berpartisipasinya siswa dalam
pengajaran adalah karena penerapan metode dan pendekatan mengajar yang
kurang tepat. Padahal pemilihan strategi, model, metode, dan pendekatan
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran
matematika di SMP Negeri 1 Keera, dari hasil wawancara dengan guru
bidang studi matematika, dikatakan bahwa hasil belajar matematika siswa
kelas VIII masih rendah, hal ini dapat dilihat dari salah satu nilai
rata-rata ulangan harian siswa, semester genap tahun ajaran 2010/2011
yaitu 56,59. Padahal kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan
adalah 63. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut disebabkan oleh
beberapa faktor, diant aranya metode pembelajaran yang diterapkan dalam
proses pembelajaran masih berpusat pada guru, akhirnya siswa kurang
aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga mereka tidak terlatih berpikir
kreatif dalam menemukan jawaban sendiri dalam pemecahan masalah
matematika.
Dari uraian permasalahan di atas,
diperoleh bahwa umumnya siswa hanya terbiasa mengerjakan model soal yang
keterangannya terperinci, seperti pada contoh di atas. Sehingga dengan
mudah siswa langsung menggunakan rumus. Hal ini disebabkan oleh karena
siswa tidak menguasai atau memahami konsep dasar bagaimana proses
menemukan rumus tersebut. Sebagian siswa hanya menghafal rumus, sehingga
saat model soal sedikit diubah padahal maknanya sama, siswa akhirnya
tidak dapat menyelesaikannya. Sewaktu duduk di bangku sekolah dasar,
siswa memang langsung dihadapkan pada rumusnya. mereka tidak mengetahui
bagaimana proses rumus itu diperoleh.
Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika
Jadi, berdasarkan permasalahan di atas,
maka penulis mencoba menerapkan suatu strategi pembelajaran yang
dianggap lebih efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dan pemahaman
konsep khususnya dalam pokok bahasan lingkaran. Strategi pembelajaran
yang dianggap tepat adalah strategi pembelajaran inkuiri. Strategi
pembelajaran inkuiri menekankan pada proses menemukan. Melalui strategi
pembelajaran inkuiri, siswa diharapkan mampu mengetahui bagaimana proses
menemukan rumus luas dan keliling lingkaran. Sehingga pada akhirnya
siswa mampu mengerjakan berbagai model soal yang berkaitan dengan luasan
dan keliling lingkaran.
Strategi pembelajaran inkuiri adalah
rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankankan pada proses berpikir
secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban
dari suatu masalah yang dipertanyakan. Strategi pembelajaran ini
dimaksudkan untuk lebih memberikan kesempatan yang luas kepada siswa
agar merasa ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam proses belajar
mengajar untuk mengatasi masalah atau menyelesaikan soal-soal yang
diberikan oleh guru.
Strategi pembelajaran inkuri dalam
matematika akan dapat membantu para siswa meningkatkan sikap positif
siswa dalam matematika. Para siswa secara individu membangun kepercayaan
diri terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan masalah-masalah
matematika, sehingga akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa takut
terhadap matematika yang banyak dialami para siswa.
Dengan dasar pemikiran itulah peneliti termotivasi untuk melaksanakan penelitian tentang “Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Keera”. Contoh Latar Belakang Skripsi Matematika.
Regards,